5 Tips Membuat Fotografi Arsitektur


Fotografi adalah salah satu hobi favorit pada saat ini, baik fotografi makanan, alam, hingga fashion. Nah, ada satu jenis fotografi yang menuntut kejelian dalam mengambil angle yaitu fotografi arsitektur. Penasaran gimana caranya mendapatkan foto arsitektur yang kece? Yuk, cek 5 tips fotografi arsitektur berikut:

 

  1. Riset:

Melakukan riset adalah hal terpenting dan pertama kali yang harus kalian lakukan nih sebelum melakukan fotografi arsitektur. Riset dibutuhkan agar kalian mengetahui detail lokasi yang akan kalian foto, misalnya seperti jam oprasional, angle yang unik, ataupun sejarah dari bangunan tersebut yang bisa kalian jadikan angle saat hunting foto nantinya. 

 

  1. Komposisi:

Memang di setiap jenis fotografi komposisi adalah hal yang terpenting. Tidak masalah apa yang menjadi objek kalian, tetapi keseimbangan komposisi menjadi hal yang mutlak. Dalam fotografi arsitektur, komposisi bisa mempengarhui fokus dari foto yang kalian ambil. Jangan sampai fokus kalian tidak terlihat karena komposisi yang kurang tepat.

 

  1. Cahaya:

Faktor cahaya juga harus kalian perhatikan lho, Vivo Club Fans! Coba deh kalian foto sebuah objek pada siang hari dan memfoto objek dan angle yang sama pada malam hari pasti akan sangat berbeda hasilnya. Selain itu, bayangan yang dihasilkan oleh cahaya dapat menjadi objek yang menarik dari foto arsitektur, karena cahaya dapat membentuk suatu garis baru yang dapat memengaruhi ketajaman dalam foto tersebut. Jika kalian ingin mengambil foto outdoor, cobalah mengambil foto diantara pukul 6 – 8 pagi atau 3 – 6 sore saat matahari tidak melebihi 45 derajat.

 

  1. Angle (Sudut Pandang):

Saat kalian sedang hunting foto arsitektur, sebaiknya kalian mengambil foto dari berbagai angle karena disetiap angle akan menyuguhkan hasil yang berbeda satu dengan yang lainnya. Jadi, jangan cepat puas dengan satu angle saja ya saat hunting fotografi arsitektur!

 

  1. Elemen Lain:

Yang terakhir, kalian bisa menambahkan elemen lain ke dalam foto arsitektur kalian, lho! Manusia, pohon, ataupun benda bergerak seperti mobil bisa menjadi pelengkap dan pemanis pada foto arsitektur, sehingga foto kalian bisa terlihat lebih hidup.

 

Itu dia 5 tips yang bisa kalian lakukan sebelum hingga saat kalian hunting fotografi arsitektur. Kalau kalian sudah menemukan foto yang kece, yuk share hasil foto arsitektur kalian di Instagram dan ikutan activity #VivoClubArsitektu! Cukup upload foto arsitektur kalian, tambahkan judul dan tipe Vivo yang digunakan. Kemudian tambahkan #vivoclubindonesia #VivoClubArsitektur #ShotonVivoIndonesia dan tag ke @vivoclub_indonesia dan @vivo_indonesia ya, Vivo Club Fans!